Trio MSN Mengamuk, Barca Cukur Bilbao 6-0

LIPUTAN8.COM — Trio MSN Barcelona, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar tampil impresif dan berhasil membawa timnya menang enam gol tanpa balas atas Athletic Bilbao dalam laga pekan ke-20 La Liga Spanyol di Camp Nou, Senin (18/1/2016) dini hari Wita.

Messi mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-7, disusul Neymar menit ke-31, dan Luis Suarez yang mengukir hat-trick pada menit ke-47, 68, dan 82. Sementara itu, satu gol El Barca lainnya dicetak Ivan Rakitic menit ke-62.

Berkat kemenangan ini, Barcelona kembali bercokol di peringkat dua klasemen sementara La Liga dengan mendulang 45 poin, atau tertinggal dua poin dari Atletico Madrid yang berada di atasnya. Sedangkan Bilbao, berada di posisi sembilan dengan 28 poin.

Bertanding di hadapan pendukung sendiri, Barcelona langsung tancap gas sejak menit awal. Laga baru berjalan empat menit, Barca mendapatkan hadiah penalti setelah Suarez dijatuhkan kiper Gorka Iraizoz di kotak terlarang. Selain dihukum penalti, Iraizoz juga diganjar kartu merah.

Messi yang maju sebagai algojo menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan 12 pas La Pulga mampu mengelabui kiper pengganti, Iago Herrerin.

Unggul jumlah pemain, Blaugrana meningkatkan tempo serangan. Akan tetapi, Barcelona baru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-31. Bola hasil sepakan kaki kiri Neymar yang memanfaatkan umpan Suarez melesat mulus masuk ke dalam gawang Bilbao.

Memimpin 2-0 pada paruh pertama tak membuat El Barca menurunkan tempo serangan pada interval kedua. Luis Suarez memperbesar keunggulan Barcelona pada menit ke-47. Umpan terobosan Neymar berhasil dikonversi Suarez menjadi gol dengan tendangan kaki kanan.

Masuk menit ke-62, Barcelona memimpin 4-0. Bola hasil tembakan kaki kanan Ivan Rakitic dari dalam kotak penalti tak mampu dihentikan Iago Herrerin.

Enam menit berselang, skuat asuhan Luis Enrique itu semakin menjauh. Assist dari Arda Turan dengan mudah dikonversikan Suarez menjadi gol. Bola hasil tembakan kaki kanan penyerang timnas Uruguay itu menghujam deras gawang Bilbao.

Tim tamu masih sulit keluar dari tekanan. Hingga pertandingan berjalan 70 menit, Athletic Bilbao hanya memperoleh satu peluang bagus lewat Osca De Marcos pada menit ke-16.

Luis Suarez kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-82 sekaligus memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 6-0. Bola hasil sundulan Suarez yang memanfaatkan umpan lambung Sergio Busquets melesat mulus masuk ke dalam gawang. Sampai laga usai, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Sepanjang laga, menurut catatan ESPN, Barcelona menguasai bola sebesar 77 persen, dan menciptakan delapan peluang emas dari 20 usaha, sementara Athletic Bilbao melepaskan tiga tembakan akurat dari sembilan percobaan. (*)