Danny: War Room Makassar Pantau Mobil Layanan Publik

LIPUTAN8.COM — Pemerintah Kota Makassar tidak main – main dalam menerapkan smart city demi memberikan layanan terbaik kepada publik Makassar. Setelah memperkenalkan Makassar Operation Room sebagai pusat kendali smart city, Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto juga memperkenalkan salah satu fitur yang akan memantau kinerja seluruh mobil layanan masyarakat milik pemkot Makassar, seperti Mobil Sampah Tangkasa’ki, Mobil home care Dottoro’ta, serta mobil patroli jaga kota.

“ Kita sudah membenamkan sebuah aplikasi di server Operation Room yang berfungsi memantau seluruh mobil layanan yang kita miliki. Jadi pergerakan mobil tangkasa’ki, Dottoro’ta serta mobil jaga kota dapat kita tracking secara real time. Ini sangat efektif untuk mengukur kinerja petugas kita di lapangan, termasuk memberikan peringatan ketika beroperasi di luar zona yang sudah di atur “ ujar Danny Pomanto di Makassar, senin ( 18/1/2016 ).

Selain memantau pergerakan mobil layanan publik, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk menganalisis dan memberikan laporan mengenai performa kendaraan secara berkala, termasuk juga mengedukasi sopir melalui analisis karakter pengendara saat mengemudi.

“ Insya Allah, mobil – mobil layanan kita kedepan lebih awet karena menggunakan analisa secara elektronik. Melalui kontrol di Makassar Operation room, kita mendapat laporan analisis kapan saatnya di servis, termasuk juga analisis jumlah bahan bakar yang di habiskan dalam sehari, jadi ketahuan jika sopirnya boros atau hemat dalam menggunakan bahan bakar “ lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Muhammad Ismounandar saat di komfirmasi menjelaskan secara tekhnis pengadaan alat tersebut di dinasnya.

“ Tahun ini sebanyak 200 kendaraan yang akan kita pasangi alat pendeteksi, diantaranya mobil sampah Tangkasa’ki, mobil home care Dottoro’ta, serta mobil patroli jaga kota. Alat ini nanti yang berfungsi mengirim sinyal yang berisi data – data analisis ke Operation Room “ ujar Ismounandar.

Beberapa waktu lalu, saat sejumlah anggota DPRD kota Makassar melakukan kunjungan di Makassar Operation Room, aplikasi ini sempat di perlihatkan cara kerjanya oleh Danny Pomanto.

“ Kita sudah melakukan uji coba kebeberapa kendaraan, dan alhamdulillah bekerja dengan baik. Aplikasi ini bisa di jalankan di operasi system mobile, baik android maupun IOS. Jadi Pak wali cukup mengecek di ponsel nya jika ingin mengecek keadaaan mobil – mobil layanan publik kita “ ujar Ismoundar. (hsp/lpt8)