Program Lorong KB Pemkot Makassar Selangkah Lebih Maju

LIPUTAN8.COM — Program lorong KB yang dicanangkan wali kota Makassar dinilai selangkah lebih maju oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan, Rini Riyatika Djohari.

Hal itu disampaikan Rini saat bertemu dengan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto di Balaikota, Selasa (12/01/2016).

“Program lorong KB Makassar selangkah lebih maju. Hal itu menurut penilaian dari pusat. Pemerintah pusat juga memiliki program di bidang KB yang sebentar lagi akan dicanangkan oleh bapak presiden,” beber Rini.

Diketahui, pada Kamis, 14 Januari 2016 Presiden RI, Joko Widodo akan mencanangkan Kampung KB di Jawa Barat. Pencanangan akan berlangsung secara serentak di seluruh ibu kota provinsi di Indonesia.

“Lusa (Selasa, 14 Januari 2016) akan dilakukan live streaming secara serentak yang menandai pencanangan Kampung KB,” lanjut Rini.

Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanayya akan menjadi lokasi pencanangan Kampung KB Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Semangat dan pemikiran Program Nasional Kampung KB sejalan dengan program Pemerintah kota Makassar yang kita namakan Lorong KB. Tentunya, ketika kita berbicara tentang KB tidak hanya persoalan mengatur jarak kelahiran,” tutur Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Menurut Danny, KB juga menyangkut kesejahteraan warga, tingkat kualitas hidup manusia, derajat kesehatan, dan pendidikan.

Salah satu tujuan dari Program Nasional Kampung KB untuk meningkatkan ketahanan keluarga melalui program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.

Berdasarkan data dari Badan KB kota Makassar Desember 2015, jumlah peserta KB aktif di kota Makassar sebesar 121.829 KK atau 68.31% dari 184.455 pasangan usia subur. (hsp/lpt8)