Jelang Penetapan di KPU, Idris Syukur Imbau Warga Jaga Persaudaraan

LIPUTAN8.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru dijadwalkan akan melakukan rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten, sekaligus penetapan bupati dan wakil bupati terpilih, Kamis (17/12/2015).

Sesuai rekapitulasi di tujuh kecamatan, pasangan nomor urut 3 Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS) dipastikan akan ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Barru 2015. Mengingat, perolehan suaranya mengungguli dua pasangan lain, yakni Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum dan Andi Anwar Aksa-Adhan Arman.

Jelang penetapan itu, pasangan AIS meminta kepada semua tim, relawan, simpatisan, termasuk masyarakat umum untuk menghargai proses tersebut, sekaligus mengawal bersama-sama jalannya pilkada damai hingga tahapan berakhir.

Juru Bicara AIS, Arif Saleh menghimbau, baik tim, relawan dan simpatisan agar tidak bergerak ke lokasi penetapan, melainkan memberi kesempatan ke penyelenggara menjalankan tahapan yang sudah ditentukan.

“Kita minta pendukung dan simpatisan agar tetap menjaga ketenangan dan suasana kondusif yang tercipta tanpa ada mobilisasi ke lokasi rekapitulasi dan penetapan,” imbau Arif Saleh.

Selain itu, Arif juga menaruh harapan besar, agar kemenangan AIS yang ditetapkan KPU besok hendaknya tidak disambut dengan cara-cara arak-arakan atau konvoi. Sebab cara seperti itu justru bisa mengganggu ketertiban warga.

“Jauh lebih baik kita menggelar syukuran dengan cara yang relegius, seperti doa dan dzikir bersama. Mari kita hargai saudara-sadara kita yang beda dukungan, dan tetap menjaga persaudaraan,” tambah eks jurnalis Koran SINDO itu.

Sekadar diketahui, semenjak AIS dinyatakan unggul di Pilkada Barru versi hitung cepat sejumlah lembaga survei, dan rekapitulasi C1 KPU, kubu pasangan ini sama sekali tidak melakukan arak-arakan atau konvoi, melainkan mensyukuri kemenangan dengan cara yang berbeda.

Seperti di Bojo, Mallusetasi, puluhan masyarakat merayakan kemenangan AIS dengan cara puasa bersama. Begitu juga di beberapa posko relawan di Tanete Rilau, menggelar tudang sipulung dan makan malam bersama.

Seperti diberitakan, banjir ucapan selamat ke AIS terus berdatangan, baik disampaikan langsung ke Idris-Suardi, maupun melalui media sosial, seperti di akun facebook Andi Idris Syukur semenjak 9 Desember.

Tak hanya itu, sejumlah tokoh juga tak ketinggalan memberikan ucapan selamat. Bahkan, duet Andi Anwar Aksa-Adhan Arman terlebih awal menyampaikan selamat setelah Idris Syukur menelpon pasangan tersebut.

Bukan hanya itu saja, Ketua DPD PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri, serta sejumlah pentolan partai politik tak ketinggalan mengakui kemenangan kandidat bertagline “Bekerja untuk Rakyat” tersebut. (*)