750 Anak Lorong Ikuti Kampanye Anti Kekerasan

LIPUTAN8.COM — Sebanyak 750 anak-anak yang menyebut dirinya Komunitas Anak Lorongna Makassar mengikuti kampanye anti kekerasan di trans studio Makassar, Kamis (10/12).

Wali kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto yang hadir membuka acara tersebut juga memberi semangat dan motivasi agar anak-anak selalu berpikir positif. Ia mengatakan bahwa sejak usia anak-anak pun sudah harus terbiasa hidup bersih, rajin mencuci tangan, dan menjaga lingkungan tetap sehat.

“Itulah makanya ada LISA (lihat sampah ambil), kalau lingkungan kita bersih, kita jadi sehat, kalau sehat kita jadi nyaman belajar, dan akhirnya kita jadi anak yang pintar. Mau ki Pintar?” ucap Danny disambut teriakan “MAU!!!” secara kompak dan lantang ratusan anak usia 7 hingga belasan tahun itu.

Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto berjanji menjadikan kota Makassar sebagai kota layak anak. Tahun depan, pihak Pemkot akan mengupayakan pembebasan lokasi di setiap lorong sebagai sarana bermain anak dan taman berkumpul keluarga. Dengan demikian, menurut hemat Danny, warga khususnya anak-anak punya tempat menyalurkan berbagai hal sehingga terhindar dari praktek-praktek negatif.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk memperhatikan setiap tumbuh kembang anak serta mensosialisasikan prilaku hidup sehat. Kata dr. Hj. Hadarati yang merupakan ketua panitia bahwa kegiatan ini juga diharapkan mampu Menghindarkan anak dari kematian, kesakitan, dan kesesatan yang rawan terjadi di usia mereka.

“Satu harapan kita semoga anak Makassar bisa tumbuh dan berkembang Maksimal,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, ketua TP PKK Indira Jusuf Ismail, wakil ketua DPRD Makassar Indira, Kadis Kesehatan Naisya Azikin, Kabag Perlindungan Perempuan dan Anak Tenri A. Palallo dan Sekretaris PKK Kota Makassar Iin Joesoef Majid.

Pada kegiatan yang sama, Danny sempat terpukau orasi tentang program Makassar dan cita-cita anak lorong mewujudkan Makasaar kota dunia oleh Ratu Annisa Azzahra. Ia juga merupakan juara 1 dokter cilik award tingkat kota Makassar.(hsp/lpt8)