LPM Pisang Selatan Bina 3 Bank Sampah dan Buat Parsel

LIPUTAN8.COM — Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pisang Selatan Kecamatan Ujung Pandang membina 3 Bank Sampah.

Tiga Bank Sampah tersebut yakni Bank Sampah Pissel di SD Goyong-Gotong I, SD Jalan Innah Saudari nomor VI, Bank Sampah SD Gotong-goong di Jalan Innah Saudari dan Bank Sampah Audy di Jalan Gunung Merapi atau tepatnya disamping Kantor Lurah Pisang selatan.

” Kita mulai dari anak-anak SD karena anak SD lebih mudah diarahkan,” Kata Ketua LPM Kelurahan Pisang Selatan, Robert di Sekretariat LPM Kelurahan Pisang Selatan, Selasa (2/10)

Menurut Robert, hal tersebut merupakan pembelajaran sejak dini bagi anak-anak SD untuk mencintai lingkungan sekitar. ” Kita ajari anak untuk mencintai lingkungannya,” Lanjutnya.

Robert mengaku sejak berdirinya Bank Sampah tersebut di sekolah, Murid SD tersebut bisa jajan dengan hasil penjualan sampah yang dibawahnya kesekolah. ” Biasa mereka (Murid) dapat sampai Rp5 ribu. Itu untuk jajan mereka disekolah,” Ujarnya.

Bukan hanya fokus pada Bank Sampah, tetapi LPM Kelurahan Pisang Selatan juga menggarap pengelolaan rotan sebagai kreativitas masyarakat. ” Kita juga mengelolah limbah rotan, kami buat parsel,” Ucapnya

Dia mengaku jika pihaknya telah membuat ribuan parsel. Mereka juga telah menjual ribuan bahkan mereka mengekspor ke luar daerah khususnya Kalimantan.

” Sudah ribuan kita buat dan kita jual. Kita menjual sampai ke Kalimantan,” Tutupnya. (lpt8)