Golkar Dukung Calon Lain Jika Usungannya Tidak Lolos Verifikasi

LIPUTAN8.COM, JAKARTA – Calon kepala daerah di Pilkada 2015 diumumkan KPU, bakal ada calon-calon yang tak lolos verifikasi. Bila itu terjadi pada calon dari Partai Golkar, maka Golkar bakal dukung calon lain meski bukan kadernya.

“Bisa mengajukan calon lagi, bisa juga nanti mendukung calon yang sudah ada. Kita lihat nanti,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ade Komaruddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/8).

Sebenarnya Golkar bakal akan menerima hasil verifikasi KPU. Menurut Ade, KPU bekerja berdasarkan peraturan, tak ada unsur politik.

“Kalau ada calon yang tak sesuai syarat, apa boleh buat?” ujar Ade.

Bila usungannya tak lolos verifikasi, Golkar akan mencari calon lain yang sesuai visi dan misinya dengan Golkar. Tak ada batasan Koalisi Merah Putih dan Koalisi Indonesia Hebat dalam menentukan calon yang akan didukung.

“Sepuluh partai (calonnya bisa didukung). Kalau di Sulawesi Utara, kami komunikasi dengan PDIP. Ada calonnya, dan hasil surveinya sudah bagus ya kita timbang-timbang,” lanjut Ade.

Dia menyebut Sulawesi Utara sebagai contoh karena ada informasi calon dukungan Golkar berpotensi tak lolos verifikasi. Meski begitu, Golkar bakal menunggu informasi yang lebih jelas.

“Tapi dengar – dengar kalo Sulawesi Utara kelihatannya bisa jadi mendukung calon lain. Karena tidak ada calon lain. Tapi kita belum dapat data terkhir dari KPU mengenai verifikasi. Daerah lain (selain Sulut) kami menunggu,” ungkap Ade.(dtk)