Wawali Lepas Penjualan Perdana Bank Sampah Pusat

LIPUTAN8.COM — Wakil Walikota (Wawali) Makassar, Syamsu Rizal melepas secara simbolis mobil Tangkasarong (Tabungan bank sampah anak lorong) yang akan menjual sampah ke salah satu pabrik di kota Makassar, Selasa (18/8).

Sebelum dilepas, wakil dari Moh Ramdhan Pomanto ini terlebih dulu menyaksikan penimbangan sampah dari bank sampah Mutiara kelurahan Rappokalling kecamatan Tallo dan bank sampah Mekar Swadaya dari kelurahan Bangkala kecamatan manggala.

Deng Ical, sapaan akrabnya sangat antusias menyaksikan semua proses yang terjadi di bank sampah pusat tersebut, sehingga beliau sangat kagum dengan hasil yang telah dicapai bank sampah pusat tersebut.

Kepala Unit pelaksana Teknis Dinas (UPTD) daur ulang sampah dan bank sampah pusat, Jaya Perkasa Alamsyah di depan Deng Ical menyampaikan, sejak terbentuknya UPTD gairah masyarakat pengelola bank sampah sangat luar biasa.

Dari 112 bank sampah yang sudah didata untuk penjemputannya, hingga pertengahan Agustus ini sudah ada 14 bank sampah yang telah dijemput sampahnya dengan menggunakan armada Tangkasarong. Reduksi sampah khusus plastik sudah ada sebanayak 3,1 ton, kertas 3,8 ton logam 1 ton.

“Kalau kita hitung baru 14 bank sampah yang menimbang dari 112 yang terdata, maka setiap minggu sudah bisa mereduksi kurang lebih 30 ton. ini baru 14 bank sampah dari 112 bank sampah,” ujarnya.

Deng Ical sangat mengapresiasi laporan kepada UPTD tersebut. “Kita sangat epriasi upaya UPTD ini. Ini berarti harapan bank sampah unit yang selama ini terkendala dari segi penjemutan, harga sampah dan jenis yang dibeli bisa terselesaikan.

Pengepul di TPA juga sudah didata dengan hasil 20 ton per hari yang direduksi, belum lagi pengepul di luar TPA. Kalau semua maksimal, kita bisa mereduksi sampah an organik 10 hingga 20 persen perhari dari 400 ton prediksi sampah an organik di Makassar,” tegas Deng Ical.

Hadir mendampingi wawali dari Dinas Pertamanan dan Kebersihan, Andi Iskandar dan Mansyur serta koordinator bank sampah Indonesia Timur, Saharuddin Ridwan. (cikal)