Kapal Pengangkut Pemudik Terhambat Angin Kencang

LIPUTAN8.COM – Angin kencang di sekitar perairan Laut Jawa sejak 2 hari terakhir cukup mengganggu perjalanan kapal mudik menuju dan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

Tercatat pada Senin, 13 Juli 2015, sebanyak dua kapal mudik untuk jurusan Kalimantan-Semarang mengalami keterlambatan jadwal.

“Gelombang tinggi memang banyak berpengaruh pada perjalanan kapal antar pulau. Biasanya mengalami penundaan,” jelas Supervisor Pengamanan dari PT Pelindo III, Sumardji di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Saat ini di Tanjung Emas, sejumlah jadwal kedatangan kapal banyak mengalami kemunduran. Misalnya, KM Egon jurusan Pontianak-Semarang yang semula pukul 08.00 WIB, mundur menjadi pukul 19.00 WIB malam. Sementara kedatangan KM Lawit jurusan Sampit-Semarang semula pukul 16.00 WIB, kini mundur menjadi pukul 17.00 WIB.

Meski demikian, ungkap Sumardji, kemunduran jadwal perjalanan kapal ini tidak semata-mata disebabkan gelombang tinggi karena angin kencang saja, melainkan memang ada penundaan karena perubahan jadwal dari pelabuhan keberangkatan.

“Angin kencangnya berpengaruh pada dua jadwal kapal jurusan Kalimantan-Semarang hari ini saja. Kalau kemarin masih lancar,” sebutnya.

Memasuki H-4 lebaran Idul Fitri, lanjut Sumardji, sejumlah kapal yang mengangkut pemudik gratis dari berbagai daerah sudah bersandar di pelabuhan Tanjung Emas.

Salah satunya, KM Leuser rute Sampit-Semarang dan Jakarta-Semarang yang mengangkut 1.500 pemudik gratis. Selanjutnya KM Dobon Solo Priok-Semarang juga sudah tiba membawa 2.500 pemudik ditambah 800 motor yang bersandar tepat pada waktunya.

Diperkirakan jumlah pemudik yang akan memadati Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebanyak 90.717 pemudik. Untuk puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-1 lebaran nanti. (int)