FINAL COPA AMERICA 2015 Chile vs Argentina: Sarat Historis

LIPUTAN8.COM — Chile bertekad mengakhiri kegagalan meraih gelar mayor selama hampir satu abad, sementara Argentina berambisi meraih trofi pertama dalam 22 tahun terakhir.

 

Chile dan Argentina akan saling berjibaku pada final Copa America 2015 di Estadio Nacional, Minggu (5/7) dinihari WIB.

 

Final ini dirasa cukup ideal, mengingat kedua negara menjadi tim yang paling mendominasi setiap pertandingan. Hanya mereka yang mampu memenangkan pertandingan dengan rata-rata lebih dari dua gol.

 

Mereka juga merupakan tim yang sangat lapar akan kesuksesan, di mana Argentina untuk mengakhiri pacekluk gelar sejak 1993 silam, sedangkan Chile berupaya meraih trofi pertamanya, 99 tahun setelah mereka ambil bagian dalam perhelatan Copa America edisi pertama.

 

Chile adalah tim dengan filosofi dasar yang menerapkan tekanan ketat, memaksa skuat lawan untuk tampil lebih bertahan dan berupaya menguasai bola selama mungkin.

 

Maka sejauh ini, pasukan Jorge Sampaoli tercatat menjadi tim yang paling sedikit melakukan tekel terhadap pemain lawan. Berdasarkan catatan statistik Whoscored, mereka rata-rata membukukan penguasaan bola mencapai 70,7 persen.

 

Argentina, yang hanya memmiliki prosentase penguasaan 65,7 persen, jelas akan menguji aspek permainan Chile jauh lebih serius. Sehingga kemungkinan besar Argentina, yang memiliki masalah menjaga keseimbangan antara lini depan dan belakang, akan membiarkan tim tuan rumah menguasai pertandingan, menunggu di belakang kemudian mengambil kesempatan untuk melakukan serangan balik.

 

Tim Tango boleh jadi lebih banyak memiliki opsi menyerang ketimbang Chile, namun tanda tanya besar terhadap area pertahanan mereka, yang terlihat cukup mengkhawatirkan kala bertemu Paraguay di fase grup.

 

Pertarungan final ini bukan hanya tentang kedua tim membutuhkan gelar, yang tidak mereka dapat dalam rentang waktu lama. Laga ini terasa begitu panas karena sejarahnya kedua negara kerap terlibat ketegangan di masa lampau, terkait sengketa perbatasan dan hubungan diplomatik.